Jumat, 27 Maret 2009


Keterangan Foto : ANTUSIAS : Para anak – anak dan orang tua serta guru – guru sangat antusias mengikuti lomba bercerita anak – anak, di Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPDA), jalan S Parman No 31 B, Sibolga. Lomba ini juga digelar dalam rangka mensukseskan salah satu Visi Gubernur Sumatera Utara “Rakyat Tidak Bodoh” dan program Pemko Sibolga mendukung meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, serta menyambut Hari Jadi Sibolga (HJS) ke - 309 Tahun 2009. Foto : TIGOR MANALU


KPDA Kota Sibolga Gelar Lomba Bercerita Anak - Anak
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Dalam rangka mensukseskan salah satu Visi Gubernur Sumatera Utara “Rakyat Tidak Bodoh” dan program Pemko Sibolga mendukung meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPDA) Kota Sibolga mengelar lomba bercerita anak – anak, di Halaman Gedung KPDA, jalan S Parman No 31 B, Sibolga, Jum’at (27/3).

Kepala KPDA Kota Sibolga, Kurniawan Kantinoko dalam sambutannya dan selaigus meresmikan pembukaan lomba mengatakan, kegiatan lomba ini digelar untuk menyambut Hari Jadi Sibolga (HJS) ke - 309 Tahun 2009. Dan kegiatan lomba terbagi beberpa bagian masing – masing lomba bercerita untuk tingkat SD, Lomba Mewarnai tingkat Taman Kanak - Kanak (TK) PAUD/BKB Kemas dan Lomba bercerita tingkat SLTP sederajat Se-Kota Sibolga.

Kemudian bagi pengunjung Perpustakaan, KPDA Kota Sibolga juga memberikan stimulant berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan melalui lomba pengunjung terbanyak selama satu tahun untuk tingkat Umum, PNS, Mahasiswa, SLTA, SLTP dan SD yang telah dinilai sejak tanggal 20 s/d 27 Maret 2009.

“Penilaian yang diberikan kepada pengunjung diperpustakaan ini, dilihat dari statistik pengunjung perpustakaan, kualitas dan kuantitas bahan pustaka yang dipinjam, kedisiplinan dalam memenuhi ketentuan tata tertib perpustakaan,”ujar Kurniawan seraya menambahkan bahwa jumlah peserta lomba bercerita di ikuti 45 Peserta Putra dan 47 Peserta Putri.

Menurutnya, lomba bercerita ini juga merupakan event nasional dan salah satu Program KPDA Kota Sibolga yang dikaitkan dengan HJS Tahun 2009 dalam rangka membina dan melatih generasi muda untuk berani bercerita sembari menggali dan meningkatkan cerita rakyat. Bahkan para pemenang lomba bercerita akan mengikuti lomba bercerita di tingkat Propinsi Sumatera Utara nanti.


“Lomba bercerita ini merupakan ajang generasi muda, sehingga mereka tau dan mencintai khasanah budaya yang ada di indonesia melalui cerita rakyat. Sedangkan kriteria yang dinilai tim Juri dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Sibolga, mulai keterkaitan isi cerita dengan tema, penguasaan alur cerita, Ekspresi, ketepatan waktu, pemakaian alat peraga,”katanya.

Adapun Hadiah yang disediakan, untuk Juara I sampai Harapan I masing – masing mendapatkan berupa Piala, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Dengan rincian, uang pembinaan bagi Juara I Putra/I sebesar Rp1 Juta, Juara II Putra/I Rp750 ribu, Juara III Putra/I Rp500 ribu dan Juara Harapan III Putra/I Rp400 ribu. Selain itu, ada hadiah tambahan yang disediakan PT Nestle Indonesia untuk 10 peserta terbaik.

Tidak ada komentar: