Selasa, 03 Maret 2009


Keterangan Foto : SERAHKAN HADIAH : Pimpinan Bank Sumut cabang Sibolga, Saidi saat menyerahkan hadiah lemari es kepada pemenang undian, Anwar Harahap bersamaan dengan Wakil Pimpinan, Burhanuddin Siregarkepada Parlindungan Nababan. Foto : TIGOR MANALU

2008, Bank Sumut Sibolga Salurkan Kredit UMK Rp 262 Miliar
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Sepanjang tahun 2008, total dana kredit yang disalurkan Bank Sumut cabang Sibolga kepada pelaku usaha mikro kecil (UMK) di daerah itu mencapai Rp 262,3 miliar atau mengalami peningkatan signifikan sebesar 114,46% dari tahun sebelumnya Rp 174,4 miliar.
“Setiap tahun anggaran, kita selalu menargetkan peningkatan penyaluran kredit kepada masyarakat sebagai suatu bukti dan eksistensi dari Bank Sumut yang tetap komit dan konsisten untuk membantu masyarakat di lapisan bawah, khususnya pelaku usaha mikro dan kecil, terutama dalam memperoleh bantuan tambahan modal usaha,” ungkap pimpinan Bank Sumut cabang Sibolga, Saidi pada acara penyerahan hadiah kepada 10 nasabah pemenang undian Martabe periode II tahun 2008, berupa 5 unit Televisi dan 5 unit Lemari Es, di gedung Bank Sumut Sibolga, Senin (2/3) kemari.
Hadir saat itu, wakil pimpinan Bank Sumut cabang Sibolga, Burhanuddin Siregar, pimpinan Capem Pandan, Hotlan Gultom, para pemenang undian Martabe serta sejumlah pejabat Bank Sumut lainnya.
Meningkatnya nilai kredit yang disalurkan kepada masyarakat setiap tahun anggaran tersebut, menurut Saidi, merupakan suatu bukti bahwa, masyarakat tidak lagi dipersulit oleh perbankan dalam pengucuran dana kredit. Sebab, saat ini bank telah memberikan fasilitas dan kemudahan bagi nasabah untuk memperoleh kredit.
Sementara itu, lanjutnya, total dana masyarakat selaku nasabah Bank Sumut cabang Sibolga yang dihimpun mencapai Rp 273 miliar, meliputi simpanan deposito sebesar Rp 166 miliar dan Rp 107 miliar di antaranya dihimpun dalam bentuk tabungan. Penghimpunan dana tabungan dari masyarakat ini mengalami kenaikan sebesar 20,10% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 89 miliar.
Menurutnya, pertumbuhan perolehan dana tersebut berhasil dicapai seiring meningkatnya animo dan kepercayaan masyarakat di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) untuk menjadi nasabah penabung yang mau menyimpankan uangnya di Bank Sumut, terlebih lagi sejak dibukanya kantor Cabang Pembantu (Capem) Pandan pada awal 2008 lalu, sehingga totalnya tercatat sebanyak 23.081 nasabah atau naik 37,77% dari tahun sebelumnya sebanyak 10.027 nasabah.
Secara konsolidasi, lanjut Saidi, total dana masyarakat yang dihimpun Bank Sumut sepanjang tahun 2008 dari seluruh kantor cabang di Sumut melalui tabungan ini, jumlahnya mencapai Rp 2,6 triliun atau mengalami kenaikan 32,82% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 1,9 triliun, dengan total nasabah penabung sebanyak 432.613 orang atau naik 26,30% dibanding tahun sebelumnya sebanyak 342.516 orang.
“Demikian pula dengan kredit yang telah disalurkan Bank Sumut pada 2008 ini, totalnya mencapai Rp 6,4 triliun meliputi, kredit konvesnsional sebesar Rp 6,2 triliun dan pembiayaan Syariah sebesar Rp 164 miliar,” beber Saidi seraya berharap kepada pemenang untuk mengajak masyarakat lain di lingkungan sekitarnya segera bergabung dan memanfaatkan Bank Sumut sebagai bank-nya orang Sumut.
Anwar Harahap mewakili pemenang dalam sambutannya mengaku, selama 34 tahun dirinya tetap setia menjadi nasabah di Bank Sumut, dan baru kali itu memperoleh hadiah undian.
“Terus terang, saya sangat senang memperoleh hadiah undian ini, karena ini merupakan salah satu penghargaan yang diberikan oleh Bank Sumut kepada nasabahnya, disamping fasilitas keikutsertaan asuransi jiwa dan lainnya,” ujar Anwar yang juga Caleg DPRD Sibolga dari dapem Sibolga I itu, sembari mengimbau kepada masyarakat luas di Sibolga maupun di Tapteng untuk segera menabung dan menjadi nasabah di Bank Sumut tersebut.

Tidak ada komentar: