Kamis, 19 Maret 2009




Keterangan Foto : TINJAU : Wakil Wali Kota Sibolga, H Afifi Lubis didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Rustam Manalu saat memberikan arahan kepada siswa di SMA Swasta Tri Ratna Sibolga disela – sela peninjauan pelaksanaan ujian Try Out. Foto : TIGOR MANALU


Wawako Sibolga Tinjau Pelaksanaan Try Out
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Wakil Wali Kota (Wawako) Sibolga, H Afifi Lubis didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Rustam Manalu dan Kabid Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar), Porman Bakkara meninjau pelaksanaan Try Out di 5 Sekolah tingkat SMA di wilayah Kota Sibolg, masing - masing SMAN 1 Sibolga, SMKN 1, SMA Swasta Katolik, SMA Tri Ratna dan SMA Darur Rahmad, Kamis (19/3).

Peninjauan tersebut dimulai pada pukul 14,00 Wib hingga pukul 16.00 wib yang dimulai dari SMAN 1 Sibolga. Disela – sela peninjauan di 5 sekolah itu, Wawako H Afifi Lubis berpesan kepada seluruh Siswa/i yang sedang mengikuti pelaksanaan Try Out agar benar – benar serius menjawab soal ujian, walapun masih dalam pola Try Out yang artinya ujian uji coba menunggu ujian yang sebenarnya dilaksanakan berupa Ujian Nasional (UN).

“Saya berharap, agar setiap Siswa/I, tidak terlalu kaku dan tegang saat menjawab lembar jawaban pada Try Out, tetapi harus santai namun serius karena diberi batas waktu untuk mengisi lembar jawaban. Kerjakan lah soal yang lebih mudah terlebih dahulu, supaya jangan memakan waktu dan yang agak sulit boleh dikerjakan belakangan,”tukasnya.

Menurut Afifi, pelaksanaan Tri Out adalah sebagai uji coba untuk menghadapi UN dan sekaligus untuk mengasah ilmu yang sebelumnya telah dipelajari setiap siswa.

“Saya minta agar para siswa dapat serius mengikuti Try Out ini, sehingga saat menghadapi UN nanti, semua siswa/i di Kota Sibolga dapat berhasil menjawab seluruh lembar jawaban dan lulus 100 persen,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Rustam Manalu didampingi Kabid Dikjar, Porman Bakkara seusai melaksanakan peninjauan kepada Global menuturkan, pelaksanaan Try Out salah satu program Dinas Pendidikan Kota Sibolga dalam rangka mempersiapkan Siswa/I, kelas terakhir untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tahun pelajaran 2008/2009.

“Tujuannya adalah untuk memprediksi nilai UASBN tingkat SD dan UN untuk tingkat SMP dan SMA. Selain itu untuk mensosialisasikan bagaimana cara pengisian lembar jawaban computer, sehingga saat berlangsungnya ujian tidak merasa kaku. Dan hasil Try Out ini nantinya dapat sebagai bahan masukan kepada pihak sekolah untuk mengambil suatu langkah perbaikan, mengingat pada tahun pelajaran 2008/2009 ini, tidak ada lagi ujian ulangan sesuai dengan peraturan Mendiknas Nomor 1 tahun 2007 dan peraturan Mendiknas Nomor 2 tahun 2007,”bebernya.

Dikatakan, jumlah seluruh peserta yang mengikuti Try Out di wilayah kota Sibolga, sebanyak 6.733 Orang, yang terdiri dari, SD/MI sebanyak 2.319 Orang, SMP/MTs sebanyak 2.145 orang, SMA/MA sebanyak 1.450 orang dan SMK sebanyak 819 orang.

Sementara untuk, pelaksanaan Try Out telah dimulai dari tingkat SD/MI pada Senin 16 – 17 Maret dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk tingkat SMP/MTs di mulai hari Rabu 18 – 19 Maret, dengan mata Pelajaran, bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Sedangkan, tingkat SMA/MA dimulai Rabu 18 – 20 Maret dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Kimia/Geografi, Fisika/Ekonomi, Biologi/Sosiologi dan SMK dimulai Rabu 18 – 19 Maret dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

“Untuk itu, saya menghimbau agar para orangtua Siswa/I sebagai peserta Ujian Nasional (UN) nanti, supaya dapat memantau dan memberi dorongan kepada putra - putrinya untuk dapat belajar dengan baik, sehingga saat mengikuti UN dapat berhasil dengan nilai bagus. Sebab batas nilai kelulusan UN tahun pelajaran 2008/2009 ini, sudah meningkat dengan nilai 5,5 dan bila tidak tercapai makan otomatis tidak lulus,”tandasnya.

Tidak ada komentar: