Sabtu, 28 Februari 2009


Keterangan Foto : BERI PENJELASAN : Kadis Kelauatan, Perikanan dan Peternakan (KPP) Sibolga, Hendra Darmalius saat memberi penjelasan diruangkerjanya dengan wacana pembangunan kawasan Pusat Perikanan Terpadu (PPT) di lokasi reklamasi pantai Panomboman, kelurahan Sibolga Ilir, kecamatan Sibolga Utara, kota Sibolga. Bahkan kawasan PPT akan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti pelabuhan penyandaran kapal, agen penyalur minyak solar (APMS), Cold Storage (pendingin), Penyaluran Es dan penyediaan Air serta Doking perbengkelan kapal, sehingga harga ikan di kota Sibolga tetap stabil pada dimusim. Foto : TIGOR MANALU GLOBAL

DKPP Wacanakan Pembangunan Kawasan PPT di Lokasi Reklamasi Pantai Sibolga
TIGOR MANALU GLOBAL SIBOLGA
Pemerintah kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kelauatan, Perikanan dan Peternakan (DKKP) pada tahun 2009 mewacanakan pembangunan kawasan Pusat Perikanan Terpadu (PPT) di lokasi reklamasi pantai Panomboman, kelurahan Sibolga Ilir, kecamatan Sibolga Utara, kota Sibolga.
“Direncanakan, kawasan PPT akan dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha perikanan, seperti pelabuhan penyandaran kapal, agen penyalur minyak solar (APMS), Cold Storage (pendingin), Penyaluran Es dan penyediaan Air serta Doking perbengkelan kapal, sehingga harga ikan di kota Sibolga tetap stabil pada dimusim,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) KPP Sibolga, Hendra Darmalius didampingi Kabag Humas DT Tamba kepada Global di ruangkerjanya, Jumat (27/2).
Menurutnya, dengan adanya kawasan PPT itu selain dapat dipergunakan oleh semua pengusaha perikanan, juga akan menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD) Pemko Sibolga secara berkesinambungan dan terakomodir. Untuk pembangunan kawasan PPT, Pemko Sibolga merencanakan pembangunan selama dua tahun kedepan, yakni tahun 2009 dan tahun 2010 mendatang.
“Pada tahun 2009 ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sibolga akan melakukan penimbunan reklamasi pantai di daerah Panomboman dan luasnya mencapai 3 (tiga) hektar. Kemudian, pada tahun 2010 akan dilaksanakan pembangunan pelabuhan tempat bersandar kapal dan fasilitas pendukung usaha perikanan lainnya,”tukasnya.
Dikatakan Hendra, sebelum merencanakan pembangunan kawasan PPT tersebut, Pemko Sibolga dan DKPP sudah melakukan survey lokasi dan kedalaman laut di lokasi reklamasi pantai Panomboman. Hasil bahwa lokasi reklamasi pantai itu layak dibangun kawasan PPT milik Pemko Sibolga.
“Jika ini terwujud, maka para pengusaha ikan di kota Sibolga dengan sendirinya akan terbantu. Di mana Cold Storage yang ada akan membuat ikan hasil tangkapan nelayan dapat disimpan sehingga harga ikan stabil di kota Sibolga. Sedangkan, Dok dan perbengkalan kapal juga direncanakan akan dilengakapi dikawasan itu untuk dapat dimanfaatkan nelayan tanpa harus jauh - jauh ke daerah lain merawat kapalnya,”paparnya.
Selain itu, katanya, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat kota Sibolga di bidang perikanan. DKPP Sibolga akan melaksanakan pelatihan bagi kelompok Nelayan dan kelompok pengelola ikan.
“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, akan meningkatkan pengetahuan masyarakat kota Sibolga yang terdiri dari Nelayan dan pengelola ikan, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Untuk nelayan akan diberikan pengetahuan tentang cara praktis dalam menangkap ikan tanpa harus merusak ekosistem yang ada di dalamnya serta bagi kelompok pengelola ikan akan diberikan petunjuk tentang pengelolaan ikan yang akan membuat kualitas ikan semakin baik,”tandasnya.

Tidak ada komentar: