Kamis, 02 April 2009







Keterangan Foto : BARONG SAI : Atraksi Barong Sai dari PSMTI Sibolga memukau para undangan yang hadir pada Peringatan hari jadi (HUT) Kota Sibolga yang ke – 309, di Lapangan Simare – mare, kota Sibolga. Foto : TIGOR MANALU GLOBAL

Keterangan Foto : TABUR BUNGA : Ahli waris Tuanku Dorong Hutagalung sebagai pendiri Sibolga, Buchari Hutagalung bersama Muspida Plus Sibolga saat ziarah dan menabur bunga di makam Tuanku Dorong Hutagalung di Jalan Sutomo Sibolga. Foto : TIGOR MANALU GLOBAL


HUT ke-309 Kota Sibolga Dimeriahkan Atraksi Barong Sai
# Warga Doa Wali Kota Sibolga Sahat P Panggabean Segera Sembuh
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Peringatan hari jadi (HUT) Kota Sibolga yang ke – 309, dimeriahkan berbagai karnaval etnis dan saat atraksi Barong Sai dari Paguyupan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sibolga digelar memukau para undangan yang hadir di Lapangan Simare – mare, kota Sibolga, Kamis (2/4).

Ahli waris pembuka kampung Sibolga, Buchari Hutagalung dalam sambutannya mengaku, bahwa keberadaan kota Sibolga saat ini sudah mengalami kemajuan pesat dalam hal pembangunan dan perkembangan daerah. Dan itu tercapai, setelah dipimpin oleh orang Sibolga sendiri seperti Wali Kota, Sahat P Panggabean dan Wakil Wali Kota, H Afifi Lubis yang di pilihan sendiri oleh rakyat.

“Kemajuan pesat itu ditandai dengan perolehan penghargaan yang diraih kota Sibolga, baik ditingkat propinsi maupun nasional, termasuk pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan aktivitas ekonomi ditengah masyarakat sesuai dengan semangat otonomi daerah,”tukasnya.

Ia mengajak, seluruh komponen masyarakat di Negeri Berbilang Kaum Kota Sibolga Nauli untuk tetap menjalin kebersamaan dalam rangka mendukung pembangunan daerah, termasuk para Caleg yang saat ini sedang “berlaga” agar apabila terpilih kelak duduk di lembaga legislatif supaya tetap mengutamakan perwujudan cita - cita pembangunan demi kesejahteraan masyarakat luas.

Karena perjuangan leluhur pembuka perkampungan Sibolga, Tuanku Dorong Hutagalung, di mana pada masa itu banyak raja dan kepala suku yang berhasil disatukan untuk duduk bersama dan hidup rukun berdampingan di Sibolga.

“Keragaman suku dan etnis itu masih tetap terjalin harmonis di tengah masyarakat Sibolga hingga saat ini. Artinya, harapan dan cita – cita yang dibuat oleh pendiri Sibolga, Tuanku Dorong Hutagalung telah tercapai dan dirasakan masyarakatnya,”ujar Buchari Hutagalung.

Turut menyampaikan kata sambutan, Ketua DPRD Kota Sibolga, Syahlul Umur Situmeang, Wakil Wali Kota Sibolga, H Afifi Lubis dan memanjatkan doa mohon kesembuhan agar Wali Kota Sibolga, Sahat P Panggabean yang saat ini sedang menjalani perobatan cepat sembuh dan dapat kembali melanjutkan pembangunan di Kota Sibolga.

Pantauan Global, acara peringatan HUT Ke-309 kota Sibolga, di lapangan Simare - mare ini terlihat sepi, karena tidak semua bangku yang disiapkan panitia terisi. Demikian juga dengan acara hiburan hanya sejumlah PNS di lingkungan Pemko Sibolga yang terlihat berjoget ria mengikuti irama lagu yang dilantunkan Wakil Wali kota bersama unsur Muspida, termasuk hidangan makan siang berupa nasi kotak kurang dan ada yang tidak kebagian makan siang.

# Sidang HUT di DPRD Tidak Diikuti Semua Anggota Dewan
Sebelumnya, Wakil Wali kota, H Afifi Lubis beserta ibu dan unsur Muspida, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Sibolga, unsur DPRD, pemuda, tokoh masyarakat diantaranya Sukran Tanjung yang juga Caleg DPRD Propsu, tokoh agama, pimpinan Parpol mengikuti sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Sibolga yang di pimpin oleh ketua DPRD, Syahlul Umur Situemang dengan materi pembacaan naskah hari jadi Sibolga dan sejarah singkat berdirinya Sibolga, sambutan Wali kota dan doa.

Namun, saat digelarnya sidang, hampir seluruh kursi undangan di ruang sidang terisi penuh, sementara kursi yang diperuntukan bagi anggota dewan, ada yang tidak berisi yang menandakan tidak semua anggota DPRD Kota Sibolga yang hadir mengikuti sidang istimewan ini.

Usai ziarah dan tabur bunga di makam Tuanku Dorong Hutagalung di Jalan Sutomo Sibolga dipandu tokoh adat H Raja Jakfar Hutagalung, HUT ke-309 Kota Sibolga ini dirangkai peresmian nama Jalan AM Jalaluddin (Wali kota Sibolga pertama di era tahun 1940-an red) menganti nama Jalan Bangau di Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan yang ditandai pembukaan selubung nama jalan dan pelepasan balon oleh keturunan AM Jalaluddin didampingi Wakil Wali kota dan unsur Muspida.

Tidak ada komentar: