Rabu, 01 April 2009


Keterangan Foto : PELETAKAN BATU PERTAMA : Wali kota Sibolga, Sahat P Panggabean diwakili Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat (Kakan PMK), Zaitul Ikhlas saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan setapak di jalan Jati arah Laut, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas. Foto : TIGOR MANALU

Kakan PMK Sibolga Letakkan Batu Pertama Pembangunan Jalan Setapak Pancuran Bambu
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Wali kota Sibolga, Sahat P Panggabean diwakili Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat (Kakan PMK), Zaitul Ikhlas melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan setapak di jalan Jati arah Laut, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Rabu (1/4).

Dalam sambutan Walikota Sibolga yang sampaikan Kakan PMK, Zaitul Ikhlas mengatakan, ketika adanya bantuan dan Proyek dari Pemerintah, memang selalu ada yang kurang puas dan terkadang bisa menimbulkan pertentangan diantara masyarakat itu sendiri.

“Namun dengan adanya PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) yang saat ini kita laksanakan, sudah selayaknya menjadi memotivasi bagi masyarakat untuk semakin kompak dalam melaksanakan kegiatan yang dibantu Pemerintah. Contonya menumbuh kambangkan sifat gotongroyong, sifat keterbukaan dan menjauhkan sikap saling curiga sehingga tercapianya pembangunan yang baik untuk kepentingan masyarakat,”katanya.

Menurutnya, jika ada kerja sama yang baik diantara masyarakat dalam mensukseskan kegiatan PNPM, maka kedepan Pemerintah akan mengucur sejumlah dana didaerah ini yang bertujuan memberdayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan jalan setapak ini, merupakan salah satu Kegiatan PNPM 2008/2009 di kelurahan Pancuran bambu di pemukiman rumah diatas laut dengan panjang 55 meter dan lebar 1,6 meter yang dikerjakan langsung oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Seakar dengan alokasi dana sekira Rp41 juta.

“Sebagai motivasi untuk mendukung kegiatan ini, ada swadana dari masyarakat sebesar Rp2700 ribu. Dan hal ini sesuai dengan musyawarah warga yang bertujuan melakukan rehab jalan setapak Gang Setangkai di jalan Mojopahit, kegiatan Sosial Produktif berupa usaha papan bunga dan usaha dagang barang bekas yang menjadi “home industri” kerajinan dan keuntungannya nanti akan digunakan untuk kepentingan masyarakat miskin didaerah ini,”tukasnya.

Camat Sibolga Sambas, Maeda Sutopo yang juga sebagai PJOK (Penanggung Jawab Operasional) PNPM berharap agar para Pengelola PNPM sungguh - sungguh melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku dalam aturan main yang telah ditetapkan dalam PNPM.

”Karena saat ini koreksi dan kontrol dari masyarakat sangat banyak, maka kita berharap kepada masing - masing pelaksanaan kegiatan PNPM dapat melaksanakannya sesuai ketentuan yang berlaku,”pungkasnya.

Usai dilakukan peletakan batu pertama, Kakan PMK Zaitul Ikhlas, Camat Sibolga Sambas, Maeda Sutopo dan Lurah Pancuran Bambu S Situmeang serta masyarakat melakukan peninjauan rencana pembangunan jalan setapak di lingkungan pemukiman warga di atas laut.

Tidak ada komentar: