Senin, 13 April 2009

Warga Tapteng Minta Caleg Terpilih Tidak Ingkar Janji
TIGOR MANALU - TAPTENG
Beberapa warga Desa Mela I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) meminta dan mengharapkan agar para Calon Legislatif (Caleg) yang terpilih untuk priode 2009 – 2014 dikursi DPRD Tapteng dapat memenuhi semua janji – janji yang pernah dilontarkan pada saat kampanye Pemilu 2009 lalu.

”Janji – janji yang pernah dilontarkan para Caleg saat kampanye harus ditepati untuk kelangsungan pembangunan, khususnya di daerah pedesaan. Jangan setelah berhasil duduk di kursi Legislatif, janji – janji yang pernah disampaikan malah diabaikan dan diingkari, sehingga pembangunan yang diidam – idamkan warga tidak terpenuhi,”ungkap warga Desa Mela I, diantaranya, R Lumbantoruan, M Manalu, P Situmorang kepada Global, Senin (13/4).

Menurut mereka, selama ini para anggota Dewan yang dipilih rakyat selalu lupa akan janji – janji yang pernah mereka lontarkan saat kampanye. Terbukti, para anggota DPRD Tapteng priode 2004 – 2009 banyak mengingkari janji – janjinya kepada warga pemilihnya yang katanya akan memperjuangkan pembangunan didaerah asal Daerah Pemilihan (Dapem) nya. Namun janji tersebut sirna seiring dengan waktu yang diemban oleh bapak rakyat itu.

Contohnya, dari Dapem III Tapteng, ada 7 anggota dewan priode 2004 - 2009 yang duduk di DPRD Tapteng saat ini. Namun selama 5 tahun kurang, duduk dikursi empuk itu, pembanguan di Dapem III Tapteng yang meliputi Kecamatan Tapian Nauli, Kecamatan Sitahuis, Kecamatan Kolang dan Kecamatan Sorkam Barat, dinili tidak masih minim dan belum menyentuh kepada masyarakat banyak.

Terbukti, masih banyak jalan – jalan di 4 Kecamatan rusak parah dan bahkan ada jalan belum pernah diperbaiki, walaupun telah beberpa kali diajukan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Desa dan Kecamatan, tidak juga terlaksana.

“Kami minta para Caleg yang terpilih priode 2009 – 2014 tidak lupa akan janji pembangunan yang pernah dilontarkan. Sebab bila kepercayaan rakyat diabaikan, maka Caleg terpilih itu pada masa Pemilu selanjutnya, tidak lagi mendapat dukungan dari hari masyarakat, khsusunya para Caleg yang terpilih dari Dapem III Tapteng,”ujar mereka.

Senada dengan itu, Ketua ICW Sibolga – Tapteng, Dohar Frenklin Sianipar saat dimintai Global tanggapannya melalui selulernya, mengaku sangat sependapat dengan permintaan dan harapan warga Desa Mela I agar para Caleg terpilih tidak ingkar janji.

“Seluruh Caleg yang terpilih di DPRD Tapteng agar tidak ingkar janji. Karena hampir semua Caleg saat kampanye mengubar janji pembangunan kepada masyarakat. Maka diharapkan janji – janji pembangunan itu dapat direalisasikan bila ingin tetap dicintai warga,”tukasnya.

Tidak ada komentar: