Senin, 23 Maret 2009

Dari 436 Penghuni Yang Masuk DPT Hanya 288
Ratusan Penghuni Lapas Sibolga Kemungkinan Tidak Memilih
TIGOR MANALU - TAPTENG
Sampai sekarang, lembaga komisi pemilihan umum daerah (KPUD) kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) belum sekalipun melaksanakan sosialisasi pemilu kepada Tahanan dan Narapidana di lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga yang ada di Desa Tukka, Kecamatan Tukka, Tapteng.

“Kita sudah melayangkan surat terkait permasalahan ini ke KPUD Tapteng. Namun, hingga hari ini kita belum mendapatkan balasan dari lembaga itu untuk melaksanakan sosialisasi Pemilu kepada tahanan dan napi disini,”ungkap Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Sibolga, BT Heru kepada wartawan diruangkerjanya, Senin (23/3).

Selain itu, lanjut Heru, dari sebanyak 436 penghuni lembaga itu sekarang, ternyata baru 288 ditambah 4 keluarga pegawai Lapas yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), selebihnya belum dapat dipastikan akan dibagaimanakan. Sebab, KPUD Tapteng sampai sekarang juga belum menyampaikan jawaban tentang permasalahan ini.

“Kita juga sudah layangkan surat mengenai permasalahan ini ke KPUD Tapteng seminggu lalu. Tetapi, ya itu, tindaklanjutnya belum kita ketahui sampai saat ini,”tukasnya.

Disinggung bagaimana persiapan Lapas menghadapi Pemilu, Heru mengatakan, pada pemilu 9 April 2009 mendatang, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasana bagi pemilih. Seluruh pemilih yang terdaftar di DPT akan ditempatkan di TPS khusus Nomor 4 Sibuluan I, Kecamatan Pandan, Tapteng atau tepatnya di dalam kompleks Lapas dibawah pengamanan petugas Lapas, Kepolisian dan Linmas.

“Sedangkan untuk pengawasan Pemilu, kita telah berkoordinasi dengan Panwaslu dan akan disaksikan para saksi dari masing – masing partai,”ujar Heru.

Sementara itu, Maruli Firman Lubis selaku divisi hukum, pengawas, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga KPUD Tapteng yang dikonfirmasi melalui selulernya mengenai permasalahan ini mengatakan, sosialisasi Pemilu kepada penghuni Lapas kelas IIA Sibolga paling lambat dilaksanakan, Selasa (24/3) besok.

“Mengenai DPT Lapas, seluruhnya telah rampung. Sehingga, bagi penghuni Lapas yang tidak terdaftar, apa boleh buat, tidak bisa memilih pada Pemilu ini,”jawabnya singkat.

Tidak ada komentar: