Jumat, 29 Mei 2009

30 Petugas Petenakan se Tapanuli Dibekali

Cegah Flu Burung

30 Petugas Petenakan se Tapanuli Dibekali

TIGOR MANALU | GLOBAL | TAPTENG

Dinas Peternakan Propinsi Sumut memberikan pembekalan kepada 30-an petugas peternakan se Tapanuli atau yang berasal dari kota Sibolga, Humbahas, Tobasa, Tapanuli Utara (Taput), Nias, Nias Selatan dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) untuk mengantisipasi merebaknya kembali virus Flu Burung (H5N1) di komplek Hotel Bumi Asih Pandan,Tapteng, Minggu  (17/5).

 

Menurut panitia lokal Iskandar, yang juga Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Tapteng, saat ini virus tersebut diduga masih ada di kawasan Tapanuli walau kemungkinannya belum bisa terdata dengan pasti.

 

"Untuk itu, kepada 30-an peserta ini diberikan tugas untuk tetap melacak dan mensurvey, bilamana menemukan penyakit flu burung tersebut. Pasalnya, dampak penyakit ini sangat buruk kepada hewan dan manusia,"ujar Iskandar, satu – satunya dokter hewan di Tapteng dan Sibolga.

 

Selain itu juga, Imbuhnya, kepada petugas diinstruksikan agar tetap memantau dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat, terutama para peternak ayam dan sejenis burung lainnya, agar senantiasa melaporkan kepada petugas peternakan di masing - masing Dinas Peternakan di Kabupaten/kota.

 

Pada kesempatan itu, Iskandar memaparkan, masalah penyakit flu burung masih termasuk masalah internasional yang dapat memberikan akibat buruk kepada manusia.

 

Makanya acara tersebut, selain dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Sumut, juga dibantu oleh Badan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) yakni Food Agricultural Organization (FAO). Di mana dalam intinya agar dapat segera mengantisipasi dan mencarikan solusi, jika terjadi wabah penyakit flu burung.

 

Berkenan memberikan materi dalam pembekalan kepada para petugas peternakan se Tapanuli ini, dokter hewan Tesra Ananta dari Dinas Peternakan Propinisi Sumut.

Tidak ada komentar: