Jumat, 29 Mei 2009

Kunjungan Pasien di Puskesmas dan Pustu Sibolga Meningkat

 

Sejak Diberlakukan Perda Pengobatan Gratis

Kunjungan Pasien di Puskesmas dan Pustu Sibolga Meningkat

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

Sejak diberlakukannya Peraturan Daerah Kota Sibolga Nomor 2 Tahun 2009 tentang Pelayanan Kesehatan Dasar dan Peraturan Walikota Sibolga Nomor 440/01 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Retribusi Pelayanan Kesehatan Dasar di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sibolga yang dilaksanakan Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskesmas Keliling serta Posyandu.

 

"Akibat Perda itu, setiap harinya kunjungan para pasien yang berobat di Puskesmas dan Pustu yang ada di Kota Sibolga semakin meningkat, sehingga dikuatirkan pengadaan obat semakin menipis,"ungkap Kapala Dinkes Sibolga, Yusuf Batubara didampinggi Kabid Pelayanan Masayarakat, H Syarifudin Panggabean kepada wartawan diruangkerjanya, Jum'at (22/5).

 

Menurut Yusuf, sebelum dicanangkan Perda pengobatan penyakit dasar gratis kunjungan pasien di Puskesmas dan Pustu pada Februari hanya 4.234 pasien, namun sejak diberlakukan terhitung pada bulan Maret meningkat hingga 5.604. Bahkan selama bulan April lalu mencapai 6.431 pasien.

 

"Untuk wilayah Puskesmas yang paling menonjol peningkatan pasiennya, terjadi diwilayah Puskesmas Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan. Pada Februari hanya 1.341 pasien, Maret 2.068 pasien atau sekira 54 persen. Tetapi pada bulan April jumlah pasien melonjak hingga 2.764 orang,"katanya.

 

Selain itu, lanjut Yusuf, diantara Pustu yang meningkat kunjungan pasiannya terjadi di Pustu jalan Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan. Terbukti sebelum pencanangan pengobatan gratis pada Maret lalu, jumlah pasien yang berkunjung hanya 20 orang perbulannya. Namun, pada April terjadi lonjakan kunjungan berobat hingga mecapai 200 orang.

 

"Dengan kunjungan para pasien yang semakin menigkat itu, kita mulai memikirkan untuk penambah permintaan obat yang dibutuhkan di masing - masing Puskesmas dan Pustu di kota Sibolga. Terkait dengan ini, kita telah melaporkannya ke Pemko Sibolga guna mencarikan solusinya, sehingga pengadaan obat di Puskesmas dan Pustu agar tidak sempat terkendala,"tukasnya.

 

Ditambahkannya, untuk mendapatkan pelayanan gratus diseluruh Puskesmas dan Pustu yang ada di kota Sibolga, cukup hanya menunjukkan KTP kota Sibolga, maka orang itu sudah dapat berobat.


Tidak ada komentar: