Jumat, 29 Mei 2009

Orientasi Minat Baca Resmi Ditutup

 Keterangan Foto : DIABADIKAN : Kepala kantor (Kakan) Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga, Kurniawan Kantinoko saat diabadikan bersama peserta orientasi resmi pada acara penutupan kegiatan,di aula perkantoran Pemko Sibolga. Foto : TIGOR MANALU

 

Orientasi Minat Baca Resmi Ditutup

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

Kegiatan orientasi minat baca bagi para guru SD se-Kota Sibolga yang berlangsung dua hari mulai 19 hingga 20 Mei dan merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei, resmi ditutup, di aula perkantoran Pemko Sibolga, Rabu (20/5) Kemarin.

 

Meskipun sekilas terlihat sepele, menumbuhkan kebiasaan gemar membaca bagi anak - anak usia dini seperti pelajar SD, adalah sebuah investasi yang sangat strategis bagi masa depan bangsa kita, termasuk masa depan Kota Sibolga. Pasalnya, kegiatan membaca adalah proses transfer ilmu pengetahuan yang paling efektif dan intensif daripada metode lainnya.

 

Kepala kantor (Kakan) Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga, Kurniawan Kantinoko dalam sambutannya mengatakan, beranjak dari keprihatian kurangnya minat baca di Indonesia, Pemko Sibolga melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip telah menggelar orientasi minat baca bagi guru - guru SD se-kota Sibolga.

 

"Dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan para guru selaku peserta kegiatan orientasi minta baca, mampu memacu dan merangsang minat baca anak - anak sekolah di kota Sibolga, khususnya pelajar SD sederajat,"katanya.

 

Menurutnya, menumbuhkan minat baca bukanlah pekerjaan mudah, karena seseorang mungkin dapat memaksa seorang anak membaca buku, tetapi belum tentu mampu menumbuhkan minat baca terhadap isi buku tersebut.

 

"Jadi, dengan bekal yang telah diberikan para pemateri kepada para guru yang menjadi peserta diharapkan, menjadi kreatif dalam menumbuh kembangkan minat baca setiap anak didiknya, demi masa depan yang lebih baik," harap Kurniawan.

 

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut dan bulan Mei ini Perusatakaan Sibolga akan menggelar lomba membaca, menulis dan menghitung (lomba calistung) bagi warga tuna aksara dan sosialisasi Undang - undang Perpustakaan bagi seluruh kepala sekolah SD, SMP, SMU sederajat di Kota Sibolga.

 

 

Tidak ada komentar: