Senin, 04 Mei 2009

Harga Sotong di Sibolga Tembus Rp 25.000 per kg


Harga Sotong di Sibolga Tembus Rp 25.000 per kg

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

Setelah sempat mengalami anjlok di level Rp 15.000 per kilogram beberapa waktu lalu, harga sotong di kota Sibolga kembali meroket mencapai Rp 25.000 per kilogram. Sementara harga ikan basah masih stabil, rata - rata dijual dengan harga Rp 15.000 per kilogramnya.

 

"Kenaikan terhadap harga sotong itu, diakibatkan tingginya permintaan konsumen pasar lokal di sejumlah daerah di Sumut, sementara pasokannya sangat sedikit dan sangat jauh berbeda dengan waktu sebelumnya di saat pasokan sotong itu melonjak, permintaan konsumen justeru mengalami penurunan,"ungkap Jhon Bismar Damanik (45), pedagang ikan di kawasan Jalan Balam, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga kepada Global, Senin (4/5).

 

Senada dengan itu Pedagang ikan lainnya, Afwan Nasution (32) juga membenarkan kenaikan harga sotong tersebut, terutama jenis sotong jantung dan sotong daun yang saat itu terjual Rp 25.000 per kilogram dari harga sebelumnya hanya Rp 15.000 per kilogram, sementara harga ikan basah yang dijual pedagang di kawasan itu masih stabil. Kendati beberapa waktu sebelumnya juga ikut sedikit mengalami penurunan harga.

 

"Satu Minggu lalu, harga ikan basah ini juga harganya sempat turun akibat banyaknya pasokan ikan basah yang terdiri dari berbagai jenis, namun sekarang sudah kembali stabil,"tukasnya.

 

Meskipun demikian, imbuh Afwan, pihaknya memprediksi akan terjadi kenaikan harga dalam dua atau tiga hari mendatang karena terang bulan. "Biasanya diwaktu terang bulan, harga ikan basah mengalami kenaikan, karena hasil tangkapan nelayan jauh menurun dibanding hari biasa,"pungkasnya.

 

Sementara pedagang ikan lainnya, E br Sihombing mengungkapkan, harga ikan basah sempat mengalami penurunan, tapi kini sudah kembali normal rata - rata Rp 15.000-an untuk beberapa jenis.

 

Menurutnya, penjualan harga ikan tersebut ditentukan harga modal pembelian mereka dari sejumlah tangkahan ikan yang ada di Sibolga.

Tidak ada komentar: