Jumat, 29 Mei 2009

DPRD Palas Jalin Kerjasama Bidang Transportasi Dengan Sibolga

Keterangan Foto : DIABADIKAN : Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Maida Hutagalung bersama anggota dewan Sibolga lainnya saat diabdaikan dengan komisi I DPRD Padang Lawas (Palas) usai pertemuan tukar menukar informasi dalam rangka pembangunan kedua daerah, di ruang rapat mini gedung DPRD Kota Sibolga. Foto : TIGOR MANALU

DPRD Palas Jalin Kerjasama Bidang Transportasi Dengan Sibolga

# Berharap Pelabuhan Sibolga Pusat Eksport CPO

TIGOR MANALU | GLOBAL | SIBOLGA

Komisi I bidang Pemerintahan DPRD Kabupaten Padang Lawas (Palas) coba menjalin kerjasama dibidang transportasi dengan pemerintah kota Sibolga. Jalinan kerjasama itu khususnya menyangkut transportasi hasil perkebunan kelapa sawit (CPO) guna dapat diangkut melalui pelabuhan laut Sibolga tujuan luar negeri (LN).

 

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Maida Hutagalung saat dikonfirmasi Global mengaku menyambut baik masukan yang disampaikan oleh Komisi I DPRD Palas. Dalam waktu dekat katanya, usulan tersebut akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kota Sibolga melalui pandangan umum. Selain itu juga, pihaknya akan menyampaikannya ke pihak PT Pelindo Sibolga agar mampu meningkatkan kelas pelabuhan sehingga harapan itu dapat terpenuhi.

 

"Soalnya, dari masukan yang kita peroleh, daerah tersebut dapat menghasilkan ratusan ton sawit setiap harinya," ungkap Maida Hutagalung, digedung dewan Sibolga usai menerima kunjungan kerja (kunker) komisi I DPRD Palas di ruang rapat mini lantai 1, gedung DPRD Kota Sibolga, Selasa (19/5).

 

Pada pertemuan itu, anggota DPRD Kota Sibolga diwakili oleh beberapa dewan seperti Kasim Sinaga, anggota Hj Nur Arifah, Jimmy RS Hutajulu, Jamil Zeb Tumory, Erwin Syaclul Simatupang, Janus Perdana Pasaribu dan  Imran Ali Marbun.

 

Sedangkan dari DPRD Palas diwakili Komisi I diketuai Harris Simbolon dan anggota Erwin Hamonangan Pane, H Tambunan Hasibuan, Jamaluddin hasibuan, Leider Nasution, Suyatno dan Sukrianda serta beberapa orang staff DPRD Palas seperti Annisyah Hasibuan dan Khodijjah.

 

Usai pertemuan, Ketua Komisi I DPRD Palas Harris Simbolon saat dikonfirmasi Global menyampaikan, tujuan kunjungan kerja (kunker) komisi I DPRD Palas hanya sekedar tukar menukar informasi khususnya menyangkut pemerintahan, aparatur, hukum dan masyarakat guna dapat diterapkan demi kemajuan pembangunan di daerah mereka yang terbilang masih baru. 

 

"Untuk pembangunan itu, kita memilih kota Sibolga sebagai daerah untuk Kunker, selain kota tertua di pantai barat Sumut, Sibolga termasuk daerah yang berhasil dalam membangun terutama membangun masyarakatnya,"ujarnya.

 

Menurutnya, pada pertemuan itu, ada beberapa hal yang bernilai dan akan menjadi masukan positif  bagi mereka untuk dibawakan ke sidang dewan Palas nantinya. Masukan yang cukup berharga tersebut tersebut diantarnya mengenai beberapa peraturan – peraturan daerah (Perda) yang diterapkan di kota Sibolga diantaranya Perda santunan kemalangan dan perda ibu kesehatan Ibu hamil dan melahirkan.

 

"Perda ini sungguh menyentuh kehidupan masyarakat. Sehingga kita akan coba upayakan ini di daerah kita nantinya," ujar Harris yang beristrikan orang Sibolga ini.

 

Dikatakan, sebuah daerah yang mampu melaksanakan Perda tersebut, indikasinya, pemerintahan tersebut sudah cukup baik. "Dibanding kami, jangankan menyantuni orang yang meninggal, untuk membangun pemerintahan pun masih tertatih – tatih sampai sekarang,"tukas Harris Simbolon.

 

 

Tidak ada komentar: