Jumat, 29 Mei 2009

Bupati Tapteng Berangkatkan 25 Pendeta ke Jerussalem

 Keterangan Foto : UPA – UPA : Bupati Tapteng Tuani Lumbantobing mengupa-upa 37 perwakilan ummat Kristen yang diberangkatkan melaksanakan ziarah rohani ke tanah suci, Jerussalem, di Aula Bina Graha Pemkab Tapteng di Pandan. Foto : TIGOR MANALU

 

Bupati Tapteng Berangkatkan 25 Pendeta ke Jerussalem

TIGOR MANALU | GLOBAL | TAPTENG

Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Tuani Lumbantobing atas nama pemerintah daerah memberangkatkan 37 perwakilan ummat Kristiani yang meliputi 25 Pendeta dan 12 tokoh masyarakat untuk melakukan ziarah rohani ke tanah suci, Jerussalem hingga 4 Juni 2009 mendatang. Keberangkatan ini merupakan untuk keempat kalinya dimulai tahun 2006, 2007/2008 dan 2009 ini.

 

Acara keberangkatan tersebut dirangkai dengan acara upa – upa (pemberkatan) dan dihadiri Wakil Bupati, H MA Effendy Pohan, unsur Muspida, Ketua dan pengurus Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG), organisasi kepemudaan, para Kepala Dinas (Kadis), Kepala Kantor (Kakan), Kepala Bagian (Kabag) serta keluarga masing – masing, di Aula Bina Graha, Pemkab Tapteng di Pandan, Jum'at (22/5).

 

Bupati Tapteng dalam arahannya mengatakan, agenda rutin Pemkab Tapteng ini telah dilaksanakan sebanyak empat kali kurun waktu sejak tahun 2006, dengan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapat dan Belanda Daerah (APBD) Tapteng yang bertujuan untuk memberikan pendalaman iman kepada seluruh pekerja Gereja (Pendeta atau non Pendeta) dari seluruh Dedominasi Gereja.

 

Dikatakan, perjalanan ziarah rohani ke tanah suci, tidak hanya ditujukan kepada ummat Kristen semata, sama halnya kepada ummat Islam, yang juga turut diberangkatkan setiap tahunnya dengan sumber dana yang sama yakni APBD.

 

"Perlu saya jelaskan, sebenarnya, pada tahun ini kita ingin memberangkatkan lebih banyak dari tahun sebelumnya,  namun akibat keterbatasan APBD, akhirnya kita hanya mampu memberangkatkan 37 orang. Untuk itu, mari kita doakan pembangunan dan daerah ini agar PAD kita pada tahun – tahun mendatang bertambah besar, sehingga kita mampu memberangkatkan lebih banyak lagi, bila perlu setiap tahun kita berangkatkan 100 orang ke tanah suci Jerussalem atau Mekkah,"katanya.

 

Terkait pemberangkatan itu, Bupati berpesan kepada seluruhnya agar menulis dan mememori apa yang dilihat dan diperhatikan sepanjang perjalanan, agar nantinya dapat ditransformasikan/disampaikan kebenaran sebenarnya kepada seluruh ummat perjalanan Yesus sebenarnya. Dan bila perlu, hasilnya selama tiga kali perjalanan ziarah rohani ini dirangkum dan dibuat dalam satu buku pelajaran sekolah.

 

"Contoh, saat berada di gunung Sinai, tentunya ada terjemahan yang perlu diambil disana seperti bagaimana Musa melakukan tanggungjawabnya kepada perintah Tuhan,"tukas Tuani Lumbantobing.

 

Sementara itu, Ketua Panitia, Pendeta Makmur Simare – mare dalam laporannnya menyampaikan, program Ziarah rohani ke Yerussalem yang dilaksanakan Tapteng atas persetujuan DPRD yanga merupakan sebuah kebanggaan, sebab daerah ini merupakan yang pertama di Indonesia melakukan program ini menyusul daerah lain di Irian Jaya. 

 

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kalangan ummat baik Kristen maupun Muslim. Maka itu, Ia berharap, siapapun Bupati dan DPRD terpilih di Tapteng pada tahun – tahun mendatang, agar meneruskannya.  

 

Turut memberikan sambutan, Ketua DPRD Tapteng diwakili Pendeta Jhon Berty Situmorang, Ketua BKAG Pendeta M Simamora dan siram rohani disampaikan Pendeta Irwanner Ritonga.

 

Adapun 37 perwakilan ummat Kristiani yang meliputi 25 Pendeta dan 12 tokoh masyarakat untuk melakukan ziarah rohani ke tanah suci, Jerussalem masing – masing, Pdt. Saor Hutagaol (Gereja HKBP), Pdt. Rustam Tambunan (Gereja HKBP), Pdt. Kamsor Manurung (Gereja HKBP), Pdt. JL Oktavianto (Gereja HKBP), Pdt. Tiopan Simanjuntak (Gereja HKBP), Pdt. Eli Maruli Basa Sihotang (Dari Gereja HKI), Pdt. Danro S Panjaitan (Gereja HKI), Pdt. Agus Tuppak Lumbantoruan (Gereja GKPI), Pdt. Mangapoi Pasaribu (Gereja Presbeterian), Pdt. Lusten Tumanggor (Gereja Gesba), Pdt. Trivenna Girsang (Gereja GSPDI), Pdt. Eli Saut Silaban (Gereja GMI), Pdt. Kriston Siahaan (Gereja GMI), Pdt. Listeria Panjaitan (Gereja Gpdi), Pdt. Siha Situmorang (Gereja Gpdi), Pdt. Aripin Simamora (Gereja Gpdi), Pdt. Daniel Laoli (Gereja Gpdi), Pdt. Edward OP Siregar (Gereja GBI), Pdt. Ferdinand Lukomauaw (Gereja GMII).

 

Kemudian, Pdt. Jhon Hasiholan Manurung (Bishop GPP), Pdt. Rich Janzoon Simamora (Phareses HKBP), Pdt. Ramlan Hutahaen (Sekjend HKBP), Pdt. Binsar Nainggolan (Kadet Marturia HKBP), Pdt. Atur Kian Lase (Sekjend BNKP), Pdt. Abed Nego Sitompul (HKBP), Saur Tumanggor (Bimas Protestan Kantor Depag), Parulian Situmorang (Bimas Katolik Kantor Depag), Barita Uli Tambunan (Tokoh), Pares Simatupang (Tokoh), Binton Hutabarat (Tokoh), Banjir Tarihoran (Tokoh), Joel Simorangkir  (Tokoh), Andri Silaen (Tokoh), Tonivan Simarmata (Tokoh), Ny.Marada Lumbantobing (Tokoh), Ny.Eurica Tiur Nida Gultom (Ny.Sekjend HKBP), Ny.Binsar Nainggolan (Ny. Kadet HKBP).

 

 

Tidak ada komentar: