Minggu, 31 Mei 2009

Dua Hektar Hutan Tombak Rancang Tapteng Terbakar

Keterangan Foto : HUTAN TERBAKAR : Sekitar dua hektare hutan di perbukitan Tombak Rancang, Kelurahan Sibuluan Nalambok, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) habis terbakar. Namun api berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran dan dinas kehutanan Tapteng. Foto : TIGOR MANALU

 

Dua Hektar Hutan Tombak Rancang Tapteng Terbakar

TIGOR MANALU | GLOBAL | TAPTENG

Sekitar dua hektare hutan di perbukitan Tombak Rancang, Kelurahan Sibuluan Nalambok, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) habis terbakar, Minggu (24/5) kemarin.

 

Informasi yang dihimpun Global dari warga sekitar mengatakan, kepulan asap dari tengah hutan di perbukitan tersebut sudah terlihat sejak pukul 11.00 WIB. Akibat kencangnya angin, kebakaran pun semakin merembet pada sore harinya.

 

Sementara itu, Lurah Sibuluan Nalambok, D Hutabarat saat dikonfirmasi Global menerangkan, luas hutan yang terbakar hampir mencapai 2 hektare dan Hutan tersebut terletak di bukit yang dinamakan Tombak Rancang Sibuluan.

 

"Kita tidak tau dari mana asal api tersebut. Namun kita duga beberapa warga setempat sengaka membakar hutan itu untuk dipergunakan sebagai lahan perkebunan dan tanpa diduga api menjalar seiring dengan hembusan angin kencang. Syukur saja api berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran dan dinas kehutanan yang turun ke lokasi sekitar pukul 22.00 WIB,"bebernya.

 

Ditambahkannya, meskipun api telah padam, namun pemadam kebakaran dan dinas kehutanan kita minta tetap berjaga di sana untuk mengantisipasi masih terdapatnya sumber api.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Tapteng, APM Simanjuntak saat dihubungi melalui selulernya mengaku dirinya sedang berada di Jakarta. Namun dirinya sudah menerima laporan dari anggotanya tentang adanya kebakaran hutan.

 

"Saya sedang berada di Jakarta mengikti rapat. Dan mengenai kejadian kebakaran hutan di perbukitan Tombak Rancang Tapteng sudah saya ketahui dan api sudah berhasil dipadamkan. Hanya saja saya belum mengetahui berapa luas hutan yang terbakar,"katanya singkat.

 

 

Tidak ada komentar: